Minggu, 14 Februari 2010

OJO RUMONGSO BISO, NANGING KUDU BISO RUMONGSO


Di sebuah ruangan kantor berita CNN di afghanistan (termasuk orang afghanistan muslim) bersorak sorai atas kematian Abu Zarqawi (seorang pejuang al-qaeda). Euforia tersebut mendadak sunyi ketika ada gambar seorang bapak memakai kaos bertuliskan "STOP WAR IN IRAQ!". ternyata bapak tersebut adalah ayah dari seorang jurnalis Amerika yang digorok lehernya oleh al-qaeda beberapa saat lalu (videonya bisa di lihat di internet dan sudah di tayangkan berkali2 di televisi). Ia lalu berkata "Aku bukannya mendukung al-qaeda, tapi kemarahan bukan dibalas dengan kemarahan lagi. Itulah sebenarnya musuhku yang sesungguhnya, yang telah membunuh anakku di tempat itu."

Pada salah satu tayangan oprah winfrey, seorang narapidana menangis..menyesal seumur hidup telah memperkosa dan membunuh wanita. "sesaat sebelum kutembakkan senjataku di dahinya..ia menatapku..kesakitan..tapi tanpa sorot mata benci sama sekali..lalu ia berkata..'aku memaafkanmu'...". Keluarga sang wanita yang ikut menonton di studio menangis mendengarnya. namun kemudian memaafkan si narapidana di akhir acara. "Jika Rachel(nama wanita itu) masih hidup, pasti ia ingin kami memaafkan kamu.."

Kemudian Dalai Lama yang ditanya perasaannya tentang bangsa cina yang telah merampas tanahnya secara semena2. Dalai Lama hanya menjawab dengan tawanya yang khas, "Bangsa cina adalah tamu di negara kami."

kita serasa ditunjukan...Masih banyak manusia yang rela menyerahkan pipi kiri setelah di tampar pipi kananya. Lalu??? apakah semua kebencian harus di balas dgn kebencian??...apakah kejahatan harus dibalas dengan kejahatan??..apakah semua sindiran harus di balas dengan sindiran pula??..apakah semua makian harus di balas dengan makian??..

OJO RUMONGSO BISO...NANGING KUDU BISO NGERUMANGSANI......

Tidak ada komentar: