Kamis, 25 Februari 2010

TOUR DE JAVA

Jakarta, 28 Januari 2010, Jam 12.10 WIB
Gw berdua sama Tiara naik kereta ekonomi Gaya Baru Malam Selatan dari Stasiun Pasar Senen dengan harga tiket hanya 26 ribu rupiah. Hmm…ini liburan pertama kali gw sama Tiara. Oh iya, gw kenalin dulu ya, Tiara itu pacar gw, kami mulai berani menyebut kalo kita pacaran sekitar 9 bulan yang lalu. Pertama kali punya ide buat jalan – jalan sebenernya gw agak ragu bisa bawa dia naik kereta ekonomi, secara kita ketahui semua kalo kereta ini penuh dengan manusia-manusia yang berebut oksigen alias sumpek banget dan bau ketek…he73. Tapi kenyataannya dia oke-oke aja tuh, selamat ya tir… . Kereta yang gw naikin telat sekitar 40 menit (biasalah namanya juga ekonomi) dan baru masuk Stasiun Lempuyangan Jogja jam 11 malam.

Jogjakarta, 28 Januari 2010, Jam 23.00 WIB
Gw dapet sms dari Latanza Risky, Latan adalah temen gw yang kuliah di jogja. Dia ngasih tau kalo gak bisa jemput gw di stasiun, dia cuma ngasih alamat rumahnya di perumahan Pogung Baru dan nyuruh gw naik taksi, tarif taksi sih katanya cuma 25 ribu untuk sampe ke kostannya. Tapi masalahnya adalah gw gak hafal jalan jogja dan ini pertama kalinya gw maen ke kostannya, hmm…agak takut diboongin juga sih sama para supir taksi. Untungnya ada dua orang ibu-ibu yang duduk di depan gw pas di kereta tadi bersedia nolong gw, mereka ke jogja untuk keperluan seminar dan di jemput sama temennya, jadi dia ngajak kita buat bareng sampe ke Mirota Kampus biar lebih gampang nyari alamatnya. Setelah di anterin sampe Mirota kampus, gw masih tetep plonga-plongo..he73, ya udah kita jalan kaki aja sampe nemu becak atau taksi. Setelah nunggu lama gak ada tukang becak dan taksi, akhirnya gw makan dulu di warung nasi goreng. Selesai makan gw ngobrol-ngobrol sama ibu penjual nasi goreng nanya alamat Pogung Baru, dengan tangannya dia menujuk ke suatu arah

“kesana mas, ke arah barat,trus belok ke utara, sekitar 4 km lagi”, dia bilang.

Lah-loh??? Jadi tambah mikir dah gw. Ke arah barat?? Utara? Mana tuh? Gw kan gak bawa penunjuk arah (kompas). Ternyata ini dia uniknya jogja, Orang-orang disana kalo mau memberitahu suatu tempat selalu memakai istilah utara, barat, timur, selatan. Bukan dengan belok kanan atau kiri, makanya gw bingung…he73. Ngeliat gw bingung akhirnya si ibu menawarkan untuk naik becak aja, biar bisa diantar langsung sampe depan rumah. Dan kami langsung setuju sama tawaran beliau. Diantar lah kami sampai depan kost-kostan Latan. Ok, malam ini gw bermalam di kostannya Latan.

Jogjakarta, 29 Januari 2010
Dua hari ini Jogja di guyur hujan, akhirnya gw baru bisa keluar rumah buat jalan-jalan setelah shalat Jum’at. Sebelum keliling, gw mampir di warung makan prasmanan di deket kampus UGM, makanannya enak, bisa ngambil banyak, dan murah. Gw makan berdua Cuma abis 14 rb…he73, kalo di Jakarta cuma bisa buat satu orang tuh!. Setelah perut kenyang, sekarang waktunya muter-muter kota. oh iya, selama di jogja gw di pinjemin 3 motor sekaligus, yang dua motor bebek dan yang satu lagi motor vespa, jadi tinggal pilih yang mana yang enak di pake..he73.

Tempat yang di samperin duluan adalah malioboro, soalnya gak afdhol katanya kalo ke jogja gak ke tempat ini, walaupun sebenernya udah bosen juga sih maen ke nih tempat. Di Malioboro gw beli sendal buat temen kontrakan gw. oh iya, biar bisa dapet barang murah di sini, elu harus bisa ngomong pake bahasa jawa, ya kalo nggak elu ngajak temen lu yang orang jawa lah. Di tempat ini juga Tiara mati kutu, soalnya dia gak ngerti bahas jawa sama sekali, padahal gw sering banget di cela'in ama dia gara-gara sering ngomong bahasa jawa, sekarang cengo dah dia...huahhahaa...., Habis dari Malioboro berlanjut kami berdua maen ke alun-alun dan keraton jogjakarta sekalian muter-muter ngapalin jalan.

Malamnya, gw di ajak Latan ke Djendelo Coffee. Tapi karena kita kemaleman (sekitar jam 11) jadi udah close order. Warung Kopi ini lumayan oke menurut gw, dengan konsep interior jawa kuno, ada roda delman, tempat makan lesehan, kursi dari tembikar (semacam anyaman jawa), dan yang unik adalah banyak sekali jendela-jendela yang di jadikan accessories maupun instalasi yang menjadikan warung kopi ini keliatan ciamiik, pokoknya recommended lah. Karena udah close order, jadi kita cuma bisa foto-foto doank malam ini. Setelah Mbaknya yang Jaga Bunyiin gong kita segera beranjak dari bangku yang sebenernya udah PeWe banget (oh iya, Gong tadi dipukul buat tanda kalo warung kopi ini udah mw tutup dan para penikmat kopi dipersilahkan meninggalkan tempat ini), unik kan…he73. Habis dari Djendelo Coffee kita jalan-jalan ke alun-alun buat main low rider sama becak2-an. Nah selesai ini kita bingung deh mau kemana lagi. Ternyata jogja hidupnya cuma sampe jam 1 malam. karena bingung nyari tempat nongkrong 24 jam, kita akhirnya berfoto ria di terowongan Wijilan. Selintas kayak orang gila sih, tapi gak papa lah, jalanannya udah sepi ini...he73.

Jogjakarta, 30 Januari 2010
Lagi-lagi kita baru jalan siang-siang dari kostan tempat gw nginep. Untuk siang ini kita makan di food court UGM. Hmm…ini food courtnya mahasiswa UGM kan ya?? Tapi kok harganya agak mahal ya menurut gw untuk ukuran Yogyakarta. Gw makan pecel lele dan bebek plus es teh manis 23 ribu. Gak papa lah, UGM sekarang isinya mahasiswa-mahasiswa kaya kali….he73. Abis dari Food Court UGM gw langsung meluncur ke Djendelo kopi lagi buat nyobain minuman penahan kantuk itu. Gak kerasa udah 3 jam gw nongkrong di tempat itu sambil nungguin latan datang nyamperin gw (kita janjian ketemuan buat nonton launchingnya Ouval Research). Setelah Latan nyampe di Djendelo kita langsung cabut menuju Gejayan nonton performance dari The milo, Pure Saturday dan band-band lokal jogja. Selesai dengerin “Spoken” sama “kosong” nya Pure Saturday. Kita meluncur ke belakang panggung buat minta foto bareng (huahahaha…macam groupies2 labil itu yak??), tapi sebenernya gak kok, kita punya tujuan yang jelas. Si Latan mw ngasih kado ke ceweknya ucapan selamat ulang tahun dari personilnya The Milo, jadi ya sekalian aja kita foto2 bareng mereka…asiiikk foto bareng artis..he73.
Pulang dari Gejayan, gw di ajak makan sama temen kuliah gw. Dia kebetulan lagi dinas disini, namanya Ratih. Kita menuju angkringan tugu, hmm..rame banget nih tempat. Gak ada tempat lain apa ya??he73, di sini Ratih mesen kopi joss (Kopi item yang di cemplungin areng bakar), pas kopi joss nya dating, Tiara gw suruh nyobain, secara dia pecinta kopi dang w gak doyan ngopi..alhamdulilah.., selesai makan sego kucing sama kopi joss di angkringan tugu kita berpisah dan kembali ke pogung baru.
Malam ini gw packing barang, siap-siap buat cabut ke malang besok pagi jam setengah 9. Gw naik travel surya 95 ribu rupiah sampai malang, antar jemput pula, jadi lebih santai, gak buru-buru.

Malang, 31 Januari 2010
Selamat datang di kota Malang. Kita sampai Malang jam lima sore, perjalanan dari jogja kurang lebih delapan jam, pegel juga nih pantat. Tapi sangat menyenangkan bisa sampai di kota ini. Di Malang ada adik gw yang kuliah disini, jadi bisa minjem motor lagi buat jalan-jalan. Setelah mandi sore, gw sama tiara langsung cabut dari kontrakan adik gw buat nyari penginapan. Menurut info sih banyak penginapan di Kota Batu, jadi gw langsung menuju kesana (dari Malang ke Batu kurang lebih 20 menit). Akhirnya dapet juga penginapan murah, Cuma 60 ribu!!, kamar mandi dalam pula, gak pake ac sih. Tapi disini gak di kasih ac juga udah sama dinginnya sama pendingin ruangan ½ PK..he73. Nama Hotelnya Ragil Kuning, tempatnya ada di depan Kantor Walikota Batu, Malang.

Batu, 01 February 2010
Hari ini padat banget rencana kita di Kota Batu, soalnya besok sore kita udah harus balik ke Jakarta. Tempat pertama yang di tuju adalah daerah Cangar (nih tempat di rekomendasiin sama Nilis, temennya Tiara yang ada di Malang). Lumayan jauh juga nih tempat, sekitar 30 menit dari kota Batu. Jalannya berbukit-bukit, tapi wooww…menakjubkan pemandangannya ( ini seerius lho, gak lebay). Di sepanjang jalan lu bisa lihat perkebunan apel, negliat kembang kol segede gaban, pemandangan yang oke banget, plus kabut tebal yang dingin…yuhuuu….. , sampai di cangar gw turun ke tempat air terjun untuk foto-foto. Oh iya, di sini masih banyak monyet2 yang bergelantungan di pohon lho. Tapi mereka gak ganggu kok, malah cenderung takut kalo ketemu manusia. Tujuan kedua kita adalah Jawa Timur park. Tempat ini merupakan tempat rekreasi layaknya dufan plus waterpark di tengah-tengah nya. Tiket masuknya 35 ribu per orang. Disini gw puas nyobain semua permainannya, walaupun waktunya sangat singkat. Gak terasa udah jam setengah 5 sore. Sebelum ngelanjutin petualangan, kita balik dulu ke penginapan buat mandi, karena tadi kita sempet berenang di Jatim Park. Malamnya kita main sebentar ke kota Malang buat ketemuan sama Nilis, temen SMA nya Tiara. Kita di traktir makan di Warung Sambal, lumayan bisa ngirit budget makan malam..he73, Selesai makan kita langsung cabut lagi ke Batu, soalnya masih ada satu tempat lagi yang mau kita datengin, Batu Night Spectacular (BNS), sebenernya tempat ini gak jauh beda sama Jatim Park. Bedanya, tempat ini Cuma buka dari jam 4 sore sampai jam 11 malam, jadi kayak pasar malam modern. Tempatnya juga strategis, tepat di atas bukit dan lebih banyak spot buat foto2 disini karena banyak pemandangan oke plus lampu2 malam yang apik. Tiara seneng banget sama nih tempat,
"mainannya lebih menantang plus suasananya enak banget", katanya.Ada satu permainan yang bikin dia ketagihan (gw lupa namanya), ini mainan bikin jantung lu naik-turun, sumpah…gw aja merem-melek naik nih mainan..he73. puas banget hari ini, bisa nyobain tempat2 oke di Batu. Sebelum balik ke penginapan, gw mampir dulu di warung kopi pinggir jalan, kayaknya ini satu2-nya warung kopi yang ada di Batu deh…

Malang, 02 Januari
Hari ini gw Packing barang buat balik ke Jakarta.
Huaaaaahhh….terima kasih buat semua yang udah membantu gw dalam petualangan ini. Mulai dari Ibu-ibu di kereta Gaya Baru Malam, Latan, Dharu, Siti Amalia, Ratih and the gank yang udah ngajak gw jalan-jalan di Jogja. Untuk Nilis yang udah nyempetin waktunya buat nraktir kita sama beliin kita oleh2 apel malang. Buat adek gw atas pinjeman motornya, Dimas (temen kontrakan adek gw) atas pelayanan dan petunjuk jalannya. Terima kasih banyak. Semoga gw bisa balik lagi main-main ke kota kalian ya….

Jakarta, 03 Februari 2010
Tulisan gw ini sebenernya belum terlalu lengkap buat nyeritain petualangan gw selama seminggu kemarin. Karena, jujur..masih banyak cerita2 yang gak gw tulis karena keterbatasan halaman..he73, tapi semoga petualangan gw bisa berguna buat teman-teman yang ngebaca blog ini. Sekarang gw udah sampai lagi di Jakarta, udara kembali panas, jalanan kembali macet gak karuan. Hmm…..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

akhirnya saya bs komen.. paling ora ono 3 poin tambahan sing ta'setujuni ttg jogja :

setuju tuh djendelo coffee tempatnya emg asik. setuju jg kopi jos emg t4 wajib kunjung bwt pecinta kopi yg lg mampir ke jogja. ntr klo ksni lg, cobain kopi blandongan. dijamin mantabs !! -> ini rekomendasi bwt mb.tiara yg suka kopi :)
lagi2 setuju klo foodcourt UGM memang mahal utk ukuran mahasiswa ! mending cari warung makan laen deh.. hehheeehe

Dheeto mengatakan...

mencoba membalas komen mu....

satu2 nya coffee shop yang tak singgahi di jogja emang cuma djendelo coffee doang, jadi agak subjektif mungkin komen nya..he73,,

tapi aku kok agak mengeluh ya dengan jogja. Sepertinya tidak ada tempat nongkrong di jogja (selain angkringan) yang buka sampe pagi. Jam 1 malam dah pada tutup semua. aarrgghh..keceewaa...

foodcourt UGM belum balik modal mungkin...makanya mahal..he73,, nanti saya coba kopi blandongannya rin, di daerah mana tuh tempatnya??/

Terimakasih atas komennya. ditunggu komen selanjutnyaa... :)